Perbedaan antara drum band,drum corp dan marching band

Perbedaan antara drum band, drum corps serta Marching band bagi masyarakat awam sangat tidak mengerti perbedaannya. Mereka ketika menonton acara baik dalam bentuk parade Maupin Display lebih memberi label bahwa yang ditontonnya itu adalah drum band. Padahal sebenarnya ada perbedaan yang mendasar antara Drum Band, Drum Crops serta Marching Band. Inilah perbedaan yang mendasar dari ketiga unit band itu :

  • Drum Band

Dalam drum band biasanya jumlah perkusi lebih dominan dan banyak dan komposisi banyak snare drum, sedangkan perkusi melody masih menggunakan bellyra.

Dalam komposisi alat tiup brass section sangat sedikit dan tidak lengkap, biasanya hanya trumpet, fluglehorn dan trombone, sisanya memakai pianika.

Komposisi lagu lebih cenderung ke arah mars dan biasanya tampil dalam bentuk parade. Tidak mementingkan kualitas musik perkusi melody maupun perkusi battery. Biasanya Pits instrument hanya sebatas bells dan jarang menggunakan alat musik yang lain

Drum Corps

Komposisi sebenarnya hampir sama dengan Marching band tetapi semua alat tiup logam jenis marching dan mengarah ke depan semua (front bells)

Komposisi musik dan baris sangat mengutamakan kualitas, lebih cenderung kearah entertainment. Rata-rata komposisi alat tiup 45-60, perkusi 20-30, colour guard 10-24.

  • Marching Band

Komposisi marching band jumlah pekusi dan alat tiup sangat lengkap dan berimbang. alat tiup terdiri dari logam dan kayu dan arahnya tidak semua menghadap ke depan.

Komposisi musik sudah mementingkan segi kualitas musikalitas, tapi tidak terlalu dipentingkan dalam baris berbaris.

Komposisi lagu lebih cenderung dengan musikalitas yang komplet dari segi perkusi battery maupun perkusi melody serta brass section dan cenderung tampil dalam bentuk Display. Alat tiup rata-rata berkunci Bb dan F. Rata-rata komposisi alat tiup 35-45, perkusi 16-24, colour guard 6-16.

jadi kesimpulanya,buat unit db yang gak tau jenis unitnya jangan ngaku-ngaku marching band,,malu….

(maaf ngomongnya pedes banget,admin hanya ingin menyadarkan unit yang tidak sadar seperti yang ada di kota admin sendiri,bondowoso….maaf :-p )

Categories: berita | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.